Pengamat: Dukungan PDIP Kepada BAS Menguatkan Posisi Basli Ali Menuju 2 Periode

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pengamat: Dukungan PDIP Kepada BAS Menguatkan Posisi Basli Ali Menuju 2 Periode

AURA JR
Sabtu, 22 Februari 2020

LUWU POS ■ Pengamat politik Thoriq Aziz menilai dukungan Partai PDIP kepada pasangan BAS (H.M Basli Ali sebagai bakal calon bupati dan H. Saiful Arif sebagai bakal calon wakil bupati) pada Pilkada Selayar 2020 akan memberi sinyal kuat jalan mulus Basli Ali menuju 2 periode.

"Indikator itu sangat kuat, karena dukungan PDIP sudah pasti menguatkan posisi MBA di Selayar. Sebaliknya lawan politik yang selama ini ingin maju dan tampil dalam kontestasi di pilkada Selayar akan mereduz ulang strategi politiknya," kata Thoriq kepada JBN NEWS, hari ini (22/2) menanggapi perkembangan terkini Pilkada Selayar 2020.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengeluarkan surat keputusan (SK) calon usungan untuk dua daerah di Sulsel yakni Bulukumba dan Selayar.

Dalam Surat bernomor 1196/IN/DPP/II/2020 tersebut diterbitkan di Jakarta, Rabu 18 Februari 2020, diteken langsung oleh Ketua dan Sekjen DPP PDIP, Bambang Wuryanto dan Hasto Kristiyanto.

Meski begitu, lanjut Direktur INAPRO Foundation ini, mengakui masih ada sejumlah program Basli Ali yang belum terekpos ke publik secara gamblang, utamanya yang menyangkut ekonomi kerakyatan, pariwisata dan sumber daya generasi muda.

"Kenapa soal generasi muda atau yang saat ini lebih pop dengan sebutan kaum milenial menjadi penting? Karena pada Bulan September 2020 para milenial Selayar yang memiliki hak pilih untuk mencoblos jumlahnya cukup besar,' katanya.

Selain itu, imbuh Thoriq, penggerak medsos itu 65 % terdiri kaum milenial. Jika aspirasi mereka tidak terwadahi, ini juga akan menjadi kerikil bagi petahana. Oleh karenanya, potensi itu harus menjadi masukan bagi petahana pula.

Sedangkan menyangkut kebijakan MBA terkait pariwisata dipandang Thoriq Aziz sudah bagus. Itu bisa dilihat dari sepak terjang MBA mengunjungi Banyuwangi, bargaining dengan sejumlah Maskapai penerbangan sebagai upaya MBA menghidupkan pariwisata Selayar agar memiliki akses kunjungan wisatawan.

"Kendati begitu, perlu berbenah dan upaya menggerakkan semua perangkat kerja (OPD) dan elemen terkait. Tentu agar tidak terkesan oleh publik, MBA bekerja sendiri. Ada instansi dan dinas yang mestinya care soal ini, jangan mager (malas gerak). Padahal, ada anggarannya. Jangan biarkan MBA berjibaku sendiri, sebab implikasi politik kedepannya akan kurang baik," pungkasnya. 

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni mengungkapkan mereka yang bakal diusung tentunya telah melalui pertimbangan yang matang.

Menurutnya, dipilihnya BAS telah melewati serangkaian proses tahapan yang dilakukan oleh tingkat partai.

"Kandidat yang mendapatkan rekomendasi adalah bakal calon yang telah melalui tahapan penjaringan baik di tingkat DPD hingga DPP. Surveinya juga terbilang tinggi," katanya kepada awak media, beberapa hari lalu.

Sementara itu diperoleh informasi bahwa H.Saiful Arif sebagai calon wakil Bupati Selayar telah menerima mandat tersebut di Makassar pada Selasa lalu. 

■ Aisha Syifa

@JBN NEWS | Jaringan Berita Nasional