Ada Covid-19, KPU Luwu Utara Tetap Kerja Dengan Pola Baru

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ada Covid-19, KPU Luwu Utara Tetap Kerja Dengan Pola Baru

AURA JR
Senin, 30 Maret 2020

LUWU POS ■ Mewabahnya virus China atau Covid-19 tak membuat kegiatan aktivitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara terhenti.

Dengan tetap optimal melakukan kerja yang sudah menjadi tanggung jawab lembaganya sebagai penyelenggara dalam menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara tahun 2020, dengan membuat jadwal piket setiap hari kerja.

Ketua KPU Luwu Utara, Syamsul Bachri mengatakan, bahwa sesuai dengan Surat Edaran RI (KPU Republik Indonesia) Nomor : 4 tahun 2020 tentang Panduan Tindak Lanjut Pencegahan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, kami berlakukan sistem piket bisa menjadi acuan dan pijakan dalam keputusan mengantisipisi pencegahan covid 19 di lingkup KPU Lutra.

"Jadi mulai hari ini kami sudah berlakukan piket, untuk melakukan pelayanan setiap satu tim berjumlah empat orang yang diatur berdasarkan sub bagian, tapi pada situasi darurat atau mendesak PNS dapat diminta untuk tetap hadir di kantor," ujarnya, Senin, (30/3/2020) di kantor KPU Luwu Utara.

Syamsu mengungkapkan, bahwa selain piket  dalam surat edaran tersebut juga diatur tentang jam kerja dimulai pukul 09.00 WITA s/d 15.00 WITA dengan melakukan absensi secara manual dengan jujur dan bertanggung jawab.

"Langkah-langkah ini dilakukan untuk bersama-sama mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi semua personil di KPU Lutra dari risiko penularan Covid-19. Selain itu juga memberikan panduan kerja, untuk memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi pelayanan di KPU Lutra tetap bisa berjalan dengan efektif dan efisien," bebernya.

Selain itu, bagi pegawai yang melaksakan tugas di tempat tinggal/ rumah dengan mekanisme  melaksanakan tugas sesuai dengan rencana kerja yang telah disetujui oleh pimpinan mencatat aktivitas kerja dan melaporkan hasilnya kepada atasan langsung.

Syamsu juga mengatakan setiap tim ada empat orang satu orang Komisioner, Kasubag dan dua Staf. langkah ini kami lakukan pencegahan dari internal kantor.

"Kami berharap penyebaran virus ini bisa terputus, sehingga aktivitas pelayanan publik dan kegiatan kemasyarakatan juga bisa berjalan normal kembali," ujarnya.

"Kita sampaikan kesemua pihak bahwa kondisi yang dihadapi saat ini harus disikapi dengan bijak, serta menghimbau kepada seluruh pegawai, honorer dan tenaga pendukung di lingkungan KPU Lutra untuk selalu waspada dan menjaga diri terutama, soal kebersihan dalam rangka antisipasi terhadap penyebaran virus covid-19," imbuhnya.

■ YP/JBN